Image Artikel Digidoc - 'Manfaat Madu Untuk Mengobati Luka'

Sumber Foto : Pixabay

Manfaat Madu Untuk Mengobati Luka

Madu memang memiliki banyak manfaat karena kaya akan antioksidan dan antiradang , tapi tahukah kamu madu dapat membantu mengobati luka? Yuk cari tahu pada artikel berikut!

Madu dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Sering digunakan untuk pemanis pada makanan dan digunakan juga sebagai obat sejak jaman dahulu. Madu memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Sehingga madu menjadi salah satu alternatif untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Kenapa madu bisa digunakan untuk menyembuhkan luka?

Madu kaya akan manfaat karena mengandung asam amino, vitamin, mineral, zat besi, zink, dan antioksidan. Karena sifat madu yang kaya akan antioksidan dan antiradang sering kali madu dikonsumsi untuk mengatasi batuk dan digunakan untuk membantu penyembuhan luka.

Komponen biologis dari madu membantu proses penyembuhan dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur.

Banyak penelitian berargumen bahwa madu dapat membantu proses penyembuhan luka terutama pada fase inflamasi, sehingga madu dapat mempersingkat waktu penyembuhan luka; baik pada luka akut seperti luka bakar dan luka bekas operasi ataupun luka kronis seperti ulkus pada pasien diabetes.

Cara menggunakan madu untuk menyembuhkan luka

  • Selalu mulai dengan tangan yang bersih dan aplikator yang bersih
  • Oleskan madu ke pembalut bersih seperti kassa lalu tutup luka dengan kassa tersebut
  • Kemudian balut kasa tersebut dengan perban atau kasa bersih dan kering diatasnya 
  • Ganti perban secara rutin jika perlu dapat diganti setiap hari
  • Jangan lupa mencuci tangan setelah selesai membalut luka.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan

Madu sangat aman untuk di konsumsi maupun digunakan secara topikal, namun bagi Anda yang memililiki alergi terhadap serbuk sari, madu mungkin akan menyebabkan reaksi alergi.

Jika ingin menggunakan madu sebagai alternatif penyembuhan luka ada baiknya Anda konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Karena tidak semua madu di pasaran efektif untuk menyembuhkan luka. Madu yang banyak dianjurkan adalah madu manuka yang jarang ada di Indonesia dan cenderung memiliki harga yang mahal.

8
0
248

DIGIDOC