Image Artikel Digidoc - 'Ketahui apa saja Kandungan Pelembab Untuk Kulit Kering!'

Sumber Foto : https://www.insider.com

Ketahui apa saja Kandungan Pelembab Untuk Kulit Kering!

Jika kamu sedang mencari solusi untuk mengatasi kulit kering kamu, mungkin artikel ini dapat membantu, yuk disimak !

Untuk orang – orang yang memiliki kulit kering, pelembab yang baik dapat membantu Anda mengatasi keretakan dan kulit yang bersisik. Untuk itu sangat penting bagi Anda memperhatikan isi dari kandungan perawatan kulit yang Anda gunakan. 

Memilih pelembab untuk kulit kering

Dalam memilih perawatan kulit baiknya Anda baca terlebih dahulu kandungan yang terkandung di dalamnya, karena setiap jenis kulit memelukan perawatan yang berbeda.

Untuk kulit kering pelembab yang digunakan baiknya memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Gliserin

Gliserin adalah bahan yang paling umum yang di gunakan di dalam pelembab. Gliserin merupakan jenis humektan, yang dapat membuat kulit Anda terhidrasi.

Kandungan ini membantu menjaga lapisan atas kulit Anda agar tidak kering, karena kulit yang keringdapat merusak lapisan terluar kulit sehingga lebih mudah terinfeksi bakteri dan iritasi.

  • Asam hialuronat

Asam hialuronat adalah bahan humektan lain yang banyak ditemukan di dalam pelembab. Selain itu asam hialuronat juga diproduksi secara alami oleh kulit untuk membantu menahan air.

Namun, seiring bertambahnya usia, Anda sudah mulai kehilangan asam hialuronat di kulit sehingga membuat kulit lebih cenderung mengering. Untuk itu orang yang lebih tua membutuhkan asam hialuronat sebagai bahan utama pelembabnya.

  • Shea butter

Shea butter adalah bahan alami lain yang berasal dari biji pohon shea yang merupakan emolien dan berfungsi untuk menghaluskan kulit dan menjaga kelembaban.

Dengan mengisi celah-celah di kulit, emolien seperti shea butter dapat membantu memperbaiki lapisan kulit luar yang rusak dan menyamarkan bekas jerawat untuk membuat kulit terlihat lebih muda.

  • Petrolatum

Petrolatum adalah bahan oklusif yang bekerja dengan menciptakan lapisan pelindung di permukaan kulit dan mencegah penguapan air di kulit.

Menggunakan pelembab dengan humektan seperti gliserin dan petrolatum dapat membantu menarik air masuk dan mempertahankan kelembapan pada lapisan atas hingga lapisan bawah kulit.

Cara lain adalah dengan mengoleskan petrolatum murni seperti Vaseline segera setelah mandi, untuk mengunci kelembapan secara ekstra.

  • Dimethicone

Dimethicone adalah bahan berbasis silikon yang digunakan dalam primer, foundation, pelembab, sampo, kondisioner, dan produk perawatan kulit dan rambut lainnya.

Kandungan ini memberikan tekstur halus seperti sutra, membantu mempertahankan kelembapan, dan mengisi garis dan kerutan sehingga riasan terlihat rata.

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat dimethicone yang ditemukan dalam produk terbilang aman. Kandungan ini juga noncomedogenic dan tidak akan menyumbat pori-pori.

  • Ceremide

Kulit Anda mengandung asam lemak yang dikenal sebagai ceramides. Ceramides adalah lemak atau lipid yang ditemukan di sel-sel kulit yang membentuk 30% hingga 40% dari bagian lapisan kulit luar, atau epidermis. Kandungan ini melindungi kulit dan mencegahnya dari kekeringan dan infeksi.

Banyak krim dan pelembab mengandung ceramide karena sifatnya yang dapat membantu mengembalikan tingkat ceramide alami kulit Anda dan meningkatkan kesehatannya.

Biasanya produk pelembab yang beredar dipasaran mencampurkan kandungan-kandungan diatas untuk mengatasi kulit kering. Umumnya kandungan ini terbilang aman hanya saja mungkin pada beberapa orang akan lebih sensitive dan dapat menimbulkan alergi.

Segera konsultasi dengan dokter kulit Anda jika reaksi alergi muncul untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

9
0
257

DIGIDOC