Image Artikel Digidoc - 'Ketahui 9 Tanda Awal Kehamilan'

Sumber Foto : walesonline.co.uk

Ketahui 9 Tanda Awal Kehamilan

Sudah diketahui secara umum jika seorang wanita dapat mengetahui ada tidaknya kehamilan berdasarkan hasil tes kehamilan (test pack), namun tahukah Anda terdapat beberapa tanda dan gejala jika seorang perempuan sedang mengandung! Simak artikel berikut untuk mengetahui 9 tanda dan gejala wanita hamil.

Setiap wanita memiliki pengalaman kehamilan yang berbeda; beberapa wanita mungkin mengetahui bahwa mereka hamil dalam beberapa hari pertama kehamilan, sementara yang lain tidak menyadari apa pun sampai mereka melewatkan menstruasi. Ada pula beberapa wanita yang tidak tahu bahwa mereka hamil sampai berbulan-bulan setelah pembuahan.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah Anda sedang hamil adalah dengan melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) atau tes kehamilan. Tes ini mengukur hormon human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam tubuh.

Hormone ini terbentuk saat terjadi pembuahan di dalam tubuh pada saat awal – awal kehamilan. Biasanya dibutuhkan sekitar 3 -4 minggu dari hari pertama haid terakhir, untuk mendeteksi hCG di dalam tubuh.

Tanda – tanda yang mungkin dialami pada awal kehamilan

1.      Tidak Haid

Tidak datang bulan dapat menjadi penanda awal bahwa seorang wanita sedang hamil. Namun tidak mengalami datang bulan juga dapat disebabkan karena beberapa hal seperti jika sedang mengalami stres, adanya hormon yang tidak seimbang atau siklus haid yang memang tidak teratur.

2.      Nyeri pada payudara

Perubahan hormonal di awal kehamilan mungkin membuat payudara menjadi sensitif dan nyeri. Ketidaknyamanan kemungkinan akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh telah menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal.

3.      Mual

Rasa mual yang dapat terjadi kapan saja, siang atau malam, seringkali dimulai satu hingga dua bulan kehamilan. Namun, beberapa wanita dapat merasakan mual lebih awal dan beberapa tidak pernah mengalaminya.

Sementara penyebab mual selama kehamilan tidak jelas, mungkin bisa disebabkan karena hormon saat kehamilan.

4.      Sering buang air kecil

Wanita hamil merasa lebih sering buang air kecil. Hal ini diakibatkan oleh jumlah darah yang dipompa lebih meningkat dalam tubuh selama kehamilan, menyebabkan ginjal Anda memproses cairan ekstra yang menyebabkan sering buang air kecil.

5.      Mudah merasa lelah

Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab kantuk selama trimester pertama kehamilan. Namun, peningkatan pesat kadar hormon progesteron selama awal kehamilan dapat menyebabkan kelelahan.

6.      Suasana hati yang berubah - ubah

Meningkatnya hormon dalam tubuh di awal kehamilan bisa membuat wanita hamil lebih emosional selain itu perubahan suasana hati juga sering terjadi.

7.      Kembung

Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan perasaan kembung, serupa dengan yang sensasi yang dirasakan pada awal periode menstruasi.

8.      Bercak darah

Bercak ringan mungkin merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Dikenal sebagai pendarahan implantasi, itu terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan.

9.      Kram pada perut

Beberapa wanita mengalami kram perut ringan seperti akan mengalami haid di awal kehamilan.

Tanda awal kehamilan memang berbeda bagi setiap orang. Namun jika Anda mengalami tanda dan gejala awal kehamilan ada baiknya anda melakukan tes kehamilan dan untuk lebih memastikannya Anda dapat datang ke fasilitas kesehatan terdekat dan melakukan konsultasi dengan dokter kandungan.

14
0
251

DIGIDOC