Image Artikel Digidoc - 'Cara Efektif Atasi Panu'

Sumber Foto : theasianparent.com

Cara Efektif Atasi Panu

Panu memang bukan penyakit yang membahayakan, namun penderita panu akan merasakan ketidak nyamanan karena ruam dan rasa gatal yang ditimbulkan. Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui cara mengatasi panu di kulit!

Panu (Pityriasis Versicolor) adalah infeksi jamur yang sering terjadi pada kulit. Infeksi jamur ini mengganggu pigmentasi normal kulit, sehingga menyebabkan bercak – bercak kecil yang menyebabkan perubahan warna pada kulit.

Bercak panu dapat berwarna lebih gelap ataupun lebih terang dari warna kulit di sekitarnya dan terlihat bersisik. Panu di kulit dapat terjadi di mana saja namun lebih sering terjadi pada daerah punggung, dada, leher, dan lengan atas. Selain itu penderita juga akan merasakan rasa gatal pada daerah sekitar panu.

Penyebab terjadinya Panu

Panu disebabkan oleh jamur yang disebut Malassezia. Jamur ini sering ditemukan pada kulit orang dewasa, yang biasanya hidup tanpa menimbulkan masalah.

Jamur ini dapat berkembang secara berlebihan dan menyebabkan gejala panu, namun penyakit panu sendiri bukan penyakit yang dapat menular.

Faktor yang menyebabakan jamur ini berkembang antara lain:

  • Cuaca yang panas
  • Kulit yang berminyak
  • Perubahan hormonal
  • Rendahnya sistem imun.

Cara mengatasi panu

Panu dapat diobati dengan menggunakan obat – obatan anti jamur seperti:

1.      Sampo anti jamur

Seperti sampo Ketoconazole dan sampo dengan Selenium Sulfida dapat dijadikan sebagai pengobatan lini pertama yang direkomendasikan untuk Pityriasis Versicolor. Jika Anda membeli sampo anti jamur tanpa resep dokter, pastikan sampo tersebut cocok untuk mengobati panu.

Cara menggunakannnya sangat sederhana. Sampo dibuat berbusa dan dioleskan pada area kulit yang terkena panu, kemudian dibiarkan di area kulit yang terkena panu selama 5 hingga 10 menit sebelum dibilas dan biasanya perlu diulang setiap hari selama 5 hingga 7 hari.

2.      Krim anti jamur

Biasanya untuk panu yang hanya sedikit dokter hanya memberikan obat anti jamur krim, yang dapat dioles lansung pada bercak yang terdapat pada kulit.

3.      Tablet anti jamur

Apabila daerah kulit yang terkena panu cukup luas atau tidak membaik dengan obat – obatan topikal, dokter dapat memberikan resep berupa tablet anti jamur.

Obat – obatan anti jamur seperti sampo, krim dan tablet anti jamur cukup efektif untuk mengobati jamur penyebab panu, namun untuk mengobati kulit kembali normal membutuhkan waktu beberapa minggu hingga bulan.

10
0
278

DIGIDOC