Image Artikel Digidoc - '8 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh'

Sumber Foto : Unsplash

8 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Semua orang tentunya ingin memiliki tubuh yang bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Ketika berkonsultasi dengan dokter, sering kali dokter merekomendasikan Anda untuk melakukan olahraga teratur. Sebenarnya bagaimana efek olahraga untuk kesehatan Anda? Simak artikel berikut ini!

Olahraga didefinisikan sebagai setiap gerakan yang membuat otot Anda bekerja dan mengharuskan tubuh Anda untuk membakar kalori. Ada banyak jenis olahraga, termasuk berenang, berlari, jogging, berjalan, atau menari.

Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Bahkan dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Berikut adalah manfaat olahraga untuk kesehatan, seperti:

1.     Olahraga mengontrol berat badan

Olahraga dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau membantu mempertahankan berat badan yang ideal. Saat Anda melakukan aktivitas fisik, Anda membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang Anda bakar. Jumlah aktivitas apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

Untuk mendapatkan manfaat dari olahraga, sebaiknya Anda lebih aktif sepanjang hari seperti naik tangga atau lakukan pekerjaan rumah tangga Anda.

2.     Olahraga mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis

Kurangnya olahraga secara teratur adalah penyebab utama penyakit kronis. Olahraga teratur telah terbukti meningkatkan sensitivitas hormon insulin, kesehatan jantung, dan daya tahan tubuh. Olahraga juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Sebaliknya, kurangnya olahraga teratur bahkan dalam jangka pendek dapat menyebabkan peningkatan lemak perut yang signifikan, yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Itu sebabnya olahraga secara teratur dianjurkan untuk mencegah terjadinya penyakit kronis.

3.     Olahraga membantu mencegah osteoporosis

Pada anak – anak dan remaja, olahraga teratur dapat membantu membangun tulang yang kuat. Pada orang dewasa, olahraga dapat membantu memperlambat hilangnya kepadatan tulang yang terjadi seiring bertambahnya usia dan dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

4.     Olahraga membuatmu merasa lebih bahagia

Olahraga telah terbukti meningkatkan suasana hati Anda dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan, dan stres. Ini menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan. Ini juga dapat meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin, yang meredakan perasaan depresi.

Selain itu, olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yang diketahui membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi rasa sakit. Selanjutnya, olahraga telah terbukti mengurangi stres dan memperbaiki gejala kecemasan.

Menariknya,tidak masalah seberapa intens latihan Anda. Tampaknya suasana hati Anda dapat memperoleh manfaat dari olahraga tidak peduli intensitas aktivitas fisiknya.

Faktanya, sebuah penelitian pada 24 wanita yang telah didiagnosis dengan depresi menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas apa pun secara signifikan menurunkan perasaan depresi. Efek olahraga pada suasana hati begitu kuat sehingga memilih untuk berolahraga (atau tidak) bahkan membuat perbedaan dalam waktu singkat.

Studi menemukan bahwa orang aktif yang berhenti berolahraga secara teratur mengalami peningkatan yang signifikan dalam gejala depresi dan kecemasan, bahkan setelah hanya beberapa minggu.

5.     Olahraga membuat tidur lebih nyenyak

Olahraga telah lama dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik, menurut sebuah artikel ulasan yang diterbitkan pada Desember 2014 di American Journal of Lifestyle Medicine.

Penelitian lain menunjukkan olahraga dapat meningkatkan tidur dan suasana hati pada orang dengan insomnia juga, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Oktober 2015 di Journal of Sleep Research.

Sebaliknya, kualitas tidur yang buruk telah dikaitkan dengan beragam masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes, dan depresi.

Mengingat fakta bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan yang baik, dan bahwa olahraga adalah solusi yang murah dan mudah diakses yang menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya tanpa risiko atau efek samping, mencoba berolahraga untuk meningkatkan kualitas tidur merupakan hal yang baik.

6.     Olahraga menyehatkan kulit

Kulit Anda dapat dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif dalam tubuh Anda. Stres oksidatif terjadi ketika pertahanan antioksidan tubuh tidak dapat sepenuhnya memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh senyawa yang dikenal sebagai radikal bebas dan dapat merusak struktur sel dan berdampak negatif pada kulit Anda.

Olahraga ringan yang teratur sebenarnya dapat meningkatkan produksi antioksidan alami tubuh Anda, yang membantu melindungi sel, dan olahraga dapat merangsang aliran darah dan menginduksi adaptasi sel kulit yang dapat membantu menunda munculnya penuaan kulit.

7.     Olahraga dapat membuat gembira dan membantu bersosialisasi

Olahraga bisa menyenangkan. Olahraga memberi Anda kesempatan untuk bersantai, menikmati alambebas, atau sekadar melakukan aktivitas yang membuat Anda bahagia. Olahraga juga dapat membantu Anda terhubung dengan keluarga atau teman dalam suasana sosial yang menyenangkan.

8.     Olahraga dapat membuat gembira dan membantu bersosialisasi

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu mengendalikan rasa sakit yang terkait dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk nyeri punggung bawah kronis, fibromyalgia, dan gangguan bahu jaringan lunak kronis, untuk beberapa nama.

Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan toleransi nyeri dan menurunkan persepsi nyeri.

Olahraga teratur adalah salah satu kebiasaan paling bermanfaat yang dapat Anda kembangkan untuk kesehatan, kesejahteraan, dan umur panjang Anda secara keseluruhan. Jadi yuk mari merutinkan olahraga disamping banyak manfaat untuk kesehatan, olahraga juga bisa membuat lebih bahagia.

7
0
202

DIGIDOC